Kamis, 07 November 2013

Ada Uang Bingung Gak Ada Uang Bingung

Seringkan kita ngerasain kalo lagi banyak uang bingung mau beli apa? tapi pas lagi seret beuh banyak banget yang pengen kita beli. haha gue sering ngerasain hal tersebut dan gue pikir kamu juga pasti pernah merasakan hal itu. Tapi ada juga contoh kasus yang kaya begini ketika kamu banyak uang kamu bingung mau makan apa, tapi pas kamu lagi seret kamu juga bingung mau makan apa, haha yap tapi dalam artian bingung yang berbeda tentungnya kalo yang satu memang bingung karna udah kebanyak makan dari sebelumnya mungkin atau bisa jadi bingung karna makanannya ga ada yang mahal, lalu yang satu bingung karna memang bingung nyari makanan yang murah dan bahkan kalo ada sih yang gratis ya gak? haha.

Dari cerita diatas gue bisa simpulkan bahwa manusia itu adalah spesies yang rumit banget jadi bahasa sederhananya sih serba salah, dikasih gini salah dikasih gitu juga salah. Kadang gue sendiri juga suka bingung dengan keinginan gue sendiri kenapa? gue kasih contoh sederhana aja ya tentang penggunaan internet gue, jadi ketika internet di rumah gue sangat terbatas oleh kuota kampret banyak banget yang gue download, tapi ketika gue dikampus dengan internet yang cepat dan melimpah gue malah kebingungan mau download apaan, dan itu sangat-sangat menyebalkan ketika gue sampai dirumah dan sadar gue gak ngedownload yang gue butuhkan, dan hal tersebut juga berulang di beberapa kasus lainnya.

Begitu juga dengan keinginan kita, sedikit menyinggung dengan apa yang dibahas toni haryanto diblognya tentang saya ingin tapi saya malas gimana dong disini gue mau jelasin dan kasih tips mengatasi hal-hal konyol dan bodoh diatas agar kamu ga harus melakukan kebodohan yang gue pernah buat atau kamu gak melakukan kebodohan yang sama. Jadi setiap gue dirumah inget dan ada yang mau didownload gue selalu catat baik itu di .text atau di sticky pin, kenapa gue harus melakukan hal itu? pertama karna gue orangnya pelupa kedua agar lebih mudah buat gue memanej semua yang mau didownload, begitu pula dengan keinginan kita.

Seperti yang telah gue jelasin di paragraf pertama ya memang keadaannya seperti itu dan sangat menyebalkan, lalu bagaimana caranya kita mensiasatinya? tepat seperti yang ada ditulisan toni tersebut ada baiknya kita buat "list to do" atau "wishlist" atau apalah namanya terserah kamu. Jadi nanti setiap apa yang kita inginkan ketika uang lagi seret sebaiknya kita langsung catat di "wishlist" agar kita tidak lupa saat kita ada uang dan uangnya cukup untuk beli keinginan kita tersebut, ohh ya jangan lupa untuk memberikan tanda prioritas disetiap keingan tersebut, ini sangatlah penting karena kadang apa yang kamu inginkan belum tentu apa yang kamu butuhkan jangan sampai kamu membeli sesuatu hanya karena keserakahan kamu aja dan setelah barang ada ditangan kamu malah gak berguna sama sekali, padahal masih ada barang yang berguna yang kamu butuhkan disaat yang sama tapi karna uangnya habis beli barang blunder jadi kamu harus menunggu lama lagi ya kecuali sih kamu anak orang kaya misalnya kamu anak jendral atau kamu anak mentri haha.

"Merah prioritas Utama, biru menengah dan hijau santai"

Lalu bagaimana caranya menentukan prioritas yang baik itu, ada beberapa point yang perlu diperhatikan untuk menentukan prioritas suatu keinginan

  1. Lihat apakah kamu butuh atau tidak
  2. Adakah barang lain yang dapat menggantikan peran barang tersebut?
    contohnya kamu lagi pengen beli motor honda CB150R tapi kamu belum punya uang (disini kamu udah punya motor honda fit X), ya kamu masukin aja ke wishlit tapi tentukan prioritasnya dengan melihat apakah ada yg dapat menggantikan peran CB150R? jelaslah ada si fit X itu, jadi kamu bisa kurangi prioritasnya.
  3. Apakah benda tersebut sangat urgent atau perlu cepat untuk dipakai?
  4. Cek kedalam diri kamu apakah hal tersebut hanya keinginan semata atau memang kamu bener-bener butuh disini jelas kamu perlu waktu untuk memikirkannya karena ini sangat menentukan buat kamu. hehe


Oke dari point-point diatas jelas sekarang kamu sudah bisa menentukan prioritas dari setiap wishlist-nya, keuntungannya sih untuk setiap keinginan tidak akan mubajir atau merugikan kamu, keinginan yang kamu inginkan akan cepat untuk tercapai karena kamu udah fokus untuk merealisasikannya, dan yang terakhir yang gue rasakan adalah kamu bisa melatih kesabaran kamu dan kamu tetep menjadi pribadi yang sederhana. Tapi inget bukan berartika karena telah ada wishlist dengan prioritas seperti ini kamu jadi kurang fokus sama prioritas paling rendah jangan sampai terjadi, tapi usahakan juga agar kamu meraihnya karena itu akan memberikan semangat lebih buat kamu untuk mencapai keinginan yang lainnya, juga setiap wishlist prioritasnya berubah-ubah sesuai kebutuhan dan waktu juga, makanya usahakan selalu cek lagi prioritasnya semua wishlist itu minimalnya sih 6bulan sekali hehe.

Sekian sih tips kecil dari gue, semoga bermanfaat ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar