Minggu, 25 Mei 2014

Mencoba keluar dari zona nyaman

Hmm, kali ini gue mau menceritakan bagaimana gue akhirnya berkecimbung didunia yang berbeda dari sebelumnya yaitu berjualan, ya meskipun memang keluarga gue adalah keluarga yang sudah terbiasa dengan kata berdagang, tapi berjualan yang satu ini berbeda karena berjualan theme untuk website yang notabenenya lebih berbeda dengan menjual barang atau makanan yang ada stocknya.

Lalu bagaimana bisa gue akhirnya memilih terjun? wah ceritanya panjang banget, cuma gue mau rangkum aja secara cepat prosesnya. pertama yang membuat saya keidean untuk berjualan themes ini adalah mas anggi krisna yup bos saya terdahulu di icreativelabs, biarpun cuma bekerja kurang dari 3 bulan disana tapi banyak banget ilmu yang saya dapet dari mas anggi ini, dan orangnyapun baik banget (siapa tau dibaca :p), dan setelah keluar dari sana belum juga hilang rasa ingin membuat sebuah theme dan menjualnya sudah ada lagi partner/teman yang mengajak untuk membuat themes ini yaitu si kang toni alias otong, dia mengajak untuk membuat themes, jadi dia bikin htmlnya saya bagian yg convert ke WPnya rencananya tapi rencana tinggallah rencana sampe sekarang kagak jadi haha, tapi sempet sih si kang toni bikin 1 themes tapi pas di upload ke TF ehh malah ditolak, dan mungkin dia galau oleh karena itu dan sampe sekarang jadi pundung :p

Dan setelah masa itu masuklah ide kami berdua tersebut ke madFront startup dibidang digital atau software house yang digarap oleh beberapa orang yang diantaranya gue, tapi setelah perbincangan yang panjang dan memakan waktu yang panjang pula akhirnya si themes inipun tidak jadi (tragis memang). Yang membuat saya mulai berpikir untuk memulainya sendiri karena kalo nunggu orang lain ujung-ujungnya kagak jadi juga.

Sumber: planetofphrases.files.wordpress.com
Diawal bulan february kalo gak salah akhirnya saya mencoba untuk membuat design sendiri dengan format .psd yang benar saya akui itu sangat sulit untuk menemukan ide untuk design ini, tapi untuknya kesulitan tidak bertambah karena toolsnya karena sebelumnya gue udah terbiasa dengan PS (tapi maaf masih bajakan :( kalo ada rejeki pasti segera gue beli kok lisensinya), dan itu berjalan hinggal awal april 2014 dan ternyata hanya baru jadi kurang dari 10 halaman saja, dan itu menyedihkan sodara-sodara. Dan dari pengalaman tersebut saya mulai angkat tangan untuk membuat design sendiri dan mulai berpikir juga untuk membayar orang yang sudah terbiasa membuat design.

Sejak saat itulah pikiran saya mulai berubah untuk membuat design ini, saya jadi berpikir untuk memenejnya jadi saya hire orang yang bisa design dan saya berikan halaman apa saja yang diperlukan lalu bayar orang tersebut, sama halnya dengan htmlnya saya cari orang yang udah terbiasa bikin htmlnya dan bayar, juga dengan WP. Maka dengan pemikiran tersebut muncul masalah lain yaitu cara bayarnya kek gimana kalo gak punya duit, akhirnya gue menunda mimpi untuk menjual themes ini sampe gue punya modal, atau dapet projectan biar bisa mulai bikin design ini.

Tapi memang Tuhan itu baik Dia mendengar saya, dan tidak lama berselang saya mendapatkan project yang katanya sih bayarannya cukup besar, dan kebetulan yang nawarin projectan juga dari ITB jadi bisa dipercaya :D dan perhari ini sebenernya projectnya udah beres tinggal dokumentasinya aja sih, jadi gue tinggal nunggu gaji untuk bayar seorang designer yang udah gue hire buat bikin design. ohh iya sebelumnya gue udah ngobrol sama seorang designer adik kelas dan sudah deal harga dan kerjaannya, tinggal gue bayar DP dan tunggu beres dan bayar sisanya.

Hehe sikian deh cerita atau curhatan gue ini, biarpun memang usahanya baru dimulai dan belum tentu juga akan sukses tapi saya berkeyakinan dari usaha awal ini banyak sekali ilmu yang akan saya dapet dan kalo memang Tuhan berkenan memberikan bonus dalam bentuk penjualan yang tinggi nantinya gue sangat bersyukur banget, dan gue akan berbagi cerita tersebut juga ke kalian. Dan semoga tulisan gue kali ini bisa menginspirasi kalian dan bermanfaat buat kalian, jangan lupa juga doakan ya biar themes yang gue garap ini bisa berhasil dan ya setidaknya dapet penjualan yang lumayan :D

Sumber: http://littlemisseverything.files.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar