Selasa, 29 Oktober 2013

Putih yang Ternoda

Pernah denger sih gue dengan kata-kata ini "Karena nila setitik rusak susu sebelanga", yaap gue tau sekarang makna dari kata itu.

Sedikit gue jelasin ya menurut pendapat gue, yang tersirat dari qoute diatas mungkin dia mau menjelaskan sebaik apapun perbuatan yang kita buat tidak akan berarti dimata orang "bijak" kalau kita melakukan sedikit kesalahan, disengaja atau tidak disengaja. Itu sih yang gue bisa artiin, ya karna terlebih itu yang gue rasain sekarang sih itu. hehe

Disini gue mau ceritain deh kenapa gue tiba-tiba nulis tulisan yang kurang bermutu begini hehe. Awal cerita adalah ketika gue berniat baik untuk membantu sebuah acara agar tidak terjadi masalah kedepannya (loh ko masalah kedepannya?) iya masalah didepan, yap karna ada sesuatu yang bikin acara tersebut kalau digelar dan tidak mementingkan 1 hal penting ini (gue gak bisa sebut :D) bisa berakibat fatal kedepannya, bisa-bisa bukan cuma acara tersebut yang dituntut pihak luar tapi kampus gue juga (ya karna terlebih acaranya membawa embel-embel universitas sih haha). Jadi gue komen dan bersikeras disitu, sampe ada mungkin 1 komen yang memang kurang enak dibaca (ya emang pada saat itu gue emosi sih nulisnya, tapi ya gimana lagi? air laut telah menjadi garam.), maka niatan baik guepun malah menjadi tersamarkan oleh blunder tersebut. (dan gue woles aja, udah terjadi ini haha) *btw acara ternyata dibatalkan karna point pentingnya tidak bisa terpenuhi.

Tapi berselang satu hari ada beberapa oknum atau orang-orang bijak :) yang mungkin tidak suka atau apalah (atau mungkin kecewa karna acaranya gagal atau apalah) lalu ngetwit gitu deh pake ngutip-ngutip kesalahan yang gue buat tadi, gue gak tau sih modus oknum tersebut buat apa, entah memang mau bales dendam karna gak suka acaranya menjadi gagal, atau memang kecewa karna tidak bisa mengikuti acara tersebut atau apalah gue pusing. Yang pasti ketika gue liat twit oknum tersebut, gue jadi berasa gimana gitu -_- (ya emang sih gue salah tapi coba diliat lagi maksud dan tujuan gue apa. tapi ya udahlah emang sikap manusia kek gitu :D), dan disaat yang bersamaan respect gue terhadap oknum-oknum tersebut makin menurun aja, tapi respect dari gue sih gak bakalan pengaruh juga buat mereka haha. (bego banget gue)

Dari pengalaman gue ini ada 2 point yang bisa gue dapet dan mungkin bermanfaat juga buat kalian yang baca :D
1. Jangan pernah melakukan kesalahan sekecil apapun dalam bertindak, yang kalau tidak resikonya kamu harus menanggung hujatan atau olok-olok yang akan datang terus menerus sama kamu, baik itu secara langsung ataupun secara tidak langsung.
2. Juga jangan lah mengolok-olok orang lain hanya karena kesalahan yang dia buat apalagi kita belum tau maksud dan tujuan dia sebelumnya mending kalo tujuannya memang tidak baik, tapi kalau tujuannya baik gimana? ya kamu bisa merusak mental orang tersebut, dan juga kamu bisa membuat orang tersebut jadi males untuk perduli, apalagi nanti kalau ada kejadian yang sama dia pasti bilang "i don't care", ya biarpun mungkin kata-kata dia tersebut tidak penting, tapi kenyatannya dari kata-kata tersebut secara tidak langsung kita sudah melakukan pembunuhan karakter, dan itu lebih kejam dari pada pembunuhan yang dilakukan secara langsung!

Jadi mari kita belajar mumpung masih ada waktu untuk kita belajar dan saling menegur :D (pada kenyataannya orang ditegur secara langsung itu lebih menaruh respect yang tinggi dari pada ditegur secara tidak langsung atau disindir-sindir gitu deh juga diolok-olok, istilah kerennya mah nomention -__-) cara menegur adalah cara paling gentel menurut gue sih :D ya biarpun gue juga masih sering kek bencong hehe, tapi mari kita belajar untuk membudayakan cara tersebut. Manfaat ketika kita menegur orang lain dengan cara yang baik itu (contohnya menegur secara langsung tatap muka) adalah kita tidak akan menyakiti hari orang tersebut, dan juga mungkin respon dari orang tersebut malah bagus dan dia menyadari kesalahanny dan berubah (otomatis kita juga membantu orang tersebut bisa berubah).

Wihhh ga kerasa ternyata panjang banget curhatan gue hehe, gue cuma mau nyampein unek-unek gue doang sih, mudah-mudahan juga buat kamu yang baca atau penah berada di dua situasi tersebut atau salah satunya bisa bermanfaat, dan mari kita belajar bersama untuk mengingatkan dengan cara yang gentel :D


"Orang baik itu  tidak akan mengolok-olok atau mencaci maupun menyalahkan ketika orang lain melakukan kesalahan, tapi dia menegur dan memberikan semangat!" #QuoteOfTheDay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar