Sabtu, 26 Oktober 2013

Beli DVD Software "ASLI" di Pinggiran

Dari judulnya udah ketebak dong gue mau ngebahas apa ditulisan kali ini, hehe yapp gue mau ngebahas tentang bagaimana orang-orang itu begitu senang dan bangga ketika mereka membeli DVD game atau software di pinggiran dan mereka dengan bangga menyebut itu software "asli" haha gue cuma bisa ketawa aja sih kalo mereka bilang gitu, ya gimana gak bikin ketawa ngedengerny, bayangin aja bro masa harga lisensi 25ribu per keping? haha yang ada juga untuk setiap software atau game sih biasanya harganya sampe juataan, kenapa bisa sampe harga segitu ya emang bikinnya juga susah belum lagi biaya-biaya yang lain yg kita gak perlu taulah haha. Sebenernya sih gue gak terlalu masalah kalo loe masih pake software bajakan masih terbilang wajar karna gue juga masih haha, tapi disini gue berusaha untuk tidak terlalu banyak ngebajak ya karna kelebih gue udah ngerasain sih sulitnya bikin software :p .


Ini contoh komen tentang acara yang diselenggarakan menggunakan software bajakan. dan ada salah satu panitia yang sedikit konyol ketika menjelaskan kenapa pake software bajakan haha berasa gimana gitu kurang logis nak!

  1. Yang jadi masalah itu ketika loe bikin sebuah acara besar misalnya melibatkan satu jurusan (oke kita misalkan saja acaranya tentang tournament PES 2013 & DOTA) terus loe pake softwarenya bajakan gitu deh, atau ngaku "Asli dong kan beli DVDnya" iya kali asli, asli ngebajaknya! haha, oke dari contoh tersebut mari kita susun beberapa masalah yang akan ditimbulkan dari pemakain software bajakan pada sebuah acara yang notabenenya cukup besar :D
  2. Merusak moral jurusan (karna contohnya aja sih jurusan maklum masih mahasiswa gue).
  3. Loe ngerusak harkat martabat jurusan loe sendiri (ya kalo jurusan IF/Ilmu Komputer/ dll).
  4.  Loe ngerusak usaha orang lain yang sedang gembor-gembor untuk membudayakan pemakaian OSS.
  5.  Dengan acara itu loe malah jadi ngerusak regenerasi jurusan loe, karna mereka otomatis akan mencontoh pendahulunya (mungkin dalam pikiran mereka nanti "lah kaka tingkat kita juga pakai software bajakan kenapa kita gak boleh?").
  6. Dosa loe jadi berkali-kali lipat iyalah secara loe ngebuat orang lain jadi berdosa karna loe bikin acara pake software bajakan! (ini sih balik lagi kepribadi masing-masing hehe masih percaya agama atau engga).
  7. Ya pikir ajalah sama loe hehe, banyak banget soalnya cuma gue pancing aja dengan lima akibat diatas sisanya loe sendiri aja yang improve dan gali ya hehe.


Oke dari beberapa masalah diatas loe udah taukan sekarang akibat dari pemakaian software bajakan?
pertanyaannya sekarang "Masih mau pake software bajakan untuk acara-acara besar?" sekali lagi ya gue jelasin kenapa gue gak ngelarang loe pake software bajakan untuk konsumsi pribadi, itu karena gue masih mengkonsumsi beberapa software bajakan kaya game, yang pasti gue gak seceroboh itu membuat acara besar menggunakan software bajakan.


Oke terimakasih untuk kamu yang udah baca artikel ini semoga bermanfaat bagi kamu, dan kalo berkenan terus pantengin blog ini ya :D yang mudah-mudahan tiap hari update kok. 

1 komentar: